Jual Bawang Goreng Kemasan Online

ARTIKEL


back

Cara Membuat Bawang Goreng Renyah dan Tahan Lama

by bawangkita for Tips
Cara Membuat Bawang Goreng Renyah dan Tahan Lama

Cara Membuat Bawang Goreng Renyah dan Tahan Lama Bawang goreng merupakan salah satu taburan yang bisa digunakan untuk menambah citarasa yang enak jika ditaburkan ke dalam beberapa makanan tertentu. Seperti anda bisa menggunakannya di Soto, Bakso, Kelontong, dan lain sebagainya. Selain berfungsi sebagai taburan untuk beberapa makanan, ternyata juga bisa digunakan untuk sekedar camilan dirumah.

Nah, pertanyaannya kok bisa hanya bawang goreng saja bisa dijadikan sebagai makanan camilan yang enak. Karena memang bawang merah inilah yang memiliki citasara yang enak jika dibuat untuk bumbu memasak. Tanpa adanya bawang merah goreng ini masakan anda tidak akan lezat untuk dimakan. Karena begitu pentingnya bawang tersebut, maka bisa juga kita variasikan ke dalam berbagai macam olahan makanan termasuk camilan tadi.

Namun disini saya akan memberikan penjelasan kepada anda semuanya terkait dengan Cara Membuat Bawang Goreng Renyah dan Tahan Lama. Yang ini nanti bisa anda gunakan untuk taburan di makan. Berikut simaklah ulasan saya dibawah ini dengan baik.

Bahan – bahan yang dibutuhkan untuk bawang goreng:

  • bawang merah sebanyak 250 gram
  • Air sebanyak 200 ml
  • Garam sebanyak 1 sendok teh
  • Minyak goring sebanyak 1 liter
  • tepung maizena sebanyak 1 sendok makan

Kemudian setelah seluruh bahan-bahan yang dibutuhkan sudah tersedia, maka proses berikutnya adalah sebagai berikut:

  • Pilihlah bawang yang berkualitas yang cocok untuk dijadikan bawang goreng, yaitu bawang yang masih segar dengan kadar air rendah.

Bawang merah mempunyai banyak varietas misalnya  ampenan, bima brebes, sumenep, maja cipanas, medan, India, super philip  dan lain-lain. Jenis bawang merah yang cocok digunakan ialah bawang merah Sumenep, madura. Dengan bentuknya yang agak lonjong, kadar airnya rendah dengan tekstur renyah. Atau dapat menggunakan jenis bawang brebes yang beraroma.

  • Irislah bawang setipis mungkin dengan menggunakan pisau yang tajam. Bisa juga dengan menggunakan bantuan slicer, sehingga akan mendapatkan ketebalan irisan bawang yang sama.
  • Rendamlah irisan bawang dalam air garam selama kurang lebih 25-30 menit. 1 sdm garam dicampukan dengan air 1 liter. Kemudian tiriskan.
  • Setelah direndam, taburi bawang dengan tepung terigu atau bisa tepung maizena secukupnya. Atau bisa menggunakan campuran tepung terigu dan tepung kanji dengan perbandingan tepung 1:1.
  • Jemur bawang 1-2 jam dengan wadah yang datar , kemudian di sebar rata sehingga bawang kering merata.
  • Gunakan minyak goreng yang banyak sehingga bawang bisa terendam dengan sempurna. Gunakan panas api yang sedang dan sampai berwarna kuning keemasan kemudian angkat.
  • Setelah selesai menggoreng, tiriskan bawang sampai minyak kering. Sebarkan bawang goreng diatas kertas tisu makanan sehingga minyak yang tertinggal bisa diserap secara baik.
  • Apabila bawang sudah dingin, taruhlah dalam wadah yang bersih dan juga tertutup rapat, sehingga bawang akan tetap renyah. Simpanlah wadah yang berisi bawang goreng tersebut disuhu ruang dan tidak lembab
  • Bawang goreng siap untuk dikonsumsi

Sangat mudah sekali bukan membuat bawang goreng tersebut. Bawang goreng tersebut dapat anda temui juga di warung – warung biasanya. Namun akan lebih nikmat bukan kalaju kita sendiri yang membuatnya. Demikianlah info Cara Membuat Bawang Goreng Renyah dan Tahan Lama yang bisa saya bagikan. Semoga bermanfaat.

Related Posts

Opor Ayam Tabur Bawang Goreng paling Nikmat dan Spesial
Prev post Resep Soto Ayam Santan Bawang goreng renyah Sedap Sekali

Resep Soto Ayam Santan Bawang goreng renyah - Soto merupakan salah satu masakan khas yang…

Opor Ayam Tabur Bawang Goreng paling Nikmat dan Spesial
Next post Opor Ayam Tabur Bawang Goreng paling Nikmat dan Spesial

Opor Ayam Tabur Bawang Goreng – Opor ayam memang merupakan kuliner makanan yang banyak diminati…