Jual Bawang Goreng Kemasan Online

ARTIKEL


back

Mengapa Menangis Saat Mengiris Bawang

by bawangkita for Manfaat
Mengapa Menangis Saat Mengiris Bawang

Pernahkan Anda menangis saat mengiris bawang? Hampir semua orang yang memiliki hobi memasak, pasti pernah menangis saat memotong dan mengiris bawang merah. Hal tersebut sebetulnya bisa dihindari jika Anda mengetahui cara ampuh untuk mengirisnya.

Namun, pernahkah Anda berpikir, sebetulnya apa penyebab seseorang mengeluarkan air mata ketika sedang mengiris bawang merah? Dilansir dari Mashed, Kamis (10/11/2016), ternyata ada penjelasan ilmiahnya loh.

Bawang merah ataupun bawang putih, merupakan tanaman yang masuk dalam kategori allium. Ketika tanaman ini tumbuh, salah satu zat yang mereka serap dari tanah adalah sulfur. Zat tersebut lalu mereka ubah menjadi asam amino yang disebut sulfoxide.

Sulfoxide sendiri memiliki karakteristik yang cukup mencolok. Zat ini akan mengeluarkan gas sebagai bentuk reaksinya terhadap lingkungan sekitar, salah satunya ketika bagian bawang diiris. Memotong bawang dapat memancing sulfoksida untuk mengeluarkan gas yang disebut syn-propanethial-s-oxide.

Ketika gas tersebut menguap, reseptor pada mata Anda akan langsung berkomunikasi dengan otak, untuk mengeluarkan air mata agar mata Anda terlindung dari senyawa ini.

Poin penting yang perlu Anda ketahui adalah gas Sulfokisda hanya muncul ketika bawang dipotong. Ketika sudah masuk dalam proses memasak, suhu panas dapat menghilangkan semua kandungan gas sehingga masakan Anda aman untuk dikonsumsi.

Related Posts

99 + 1 Kelebihan bawangkita
Prev post Nasi Minyak Bawang Goreng  yang Lezat dan Gurih

Nasi Minyak Bawang Goreng – Menu makanan dengan Nama Nasi minyak memang jarang sekali kita…

99 + 1 Kelebihan bawangkita
Next post 99 + 1 Kelebihan bawangkita

bawangkita, bawang goreng nabati memiliki 99 + 1 kelebihan yang membuat Anda semakin lancar berkreasi…