Jual Bawang Goreng Kemasan Online

ARTIKEL


back

Tips Membuat Bawang Goreng Renyah dan Sehat

by bawangkita for Manfaat
Tips Membuat Bawang Goreng Renyah dan Sehat

Banyak sekali bawang goreng yang dijual di pasaran. Namun kita tidak tau apakah sehat atau tidak. Nah apabila ingin membuat sendiri bawang goreng yang renyah dan sehat, berikut ini resep dari Bawang Goreng Nabati, yang bisa dicontoh oleh ibu-ibu rumah tangga.

1. Pilih bawang yang berkulitas

Pilihlah bawang merah yang masih segar, ukurannya sedang kalau ada yang besar dan kulitnya yang tidak basah (kadar airnya sedikit). Agar bawang yang tidak hancur waktu di iris tipis serta memudahkan dalam proses memotongnya. Bawang merah dari Nganjuk memiliki jenis yang seperti itu.

2. Iris Tipis dan Sama Besar

Pakailah slicer (alat potong bawang) agar hasilnya potongannya rata dan hasil gorengannya juga mateng nya merata.

3. Taburkan Garam

Setelah bawang merah di kupas, dicuci bersih dan di iris tipis, tambahkan garam sesuai selera dan di aduk aduk rata, diamkan sebentar. Setelah itu di taburi tepung maizena sedikit saja, di sesuaikan dengan banyaknya bawang goreng. Misalnya 1 kg bawang goreng, maizenanya 1 sdm. Lalu di aduk rata dan diamkan sebentar. Tepung maizena dan garam yang membuat bawang goreng menjadi renyah.

4. Pilih minyak tak jenuh

Minyak nabati atau minyak tak jenuh dapat melawan penyakit kanker. Sama halnya manfaat bawang merah. Pilihlah minyak nabati, meskipun harganya sedikit lebih mahal, namun kesehatan keluarga kita tetap menjadi yang utama.

5. Masak dengan api kecil

Waktu proses memasaknya, gunakan minyak yang banyak dan dengan api yang kecil agar tidak cepat gosong, aduk aduk sampai semuanya matangnya merata.

6. Simpan dalam wadah kedap udara

Sewaktu bawang goreng sudah berwarna kuning langsung di angkat dan di tiriskan, karena panas minyak goreng akan membuat bawang goreng menjadi kecoklatan meski sudah di angkat dari minyak. Jangan terlambat mengangkat bawang goreng, jangan sampai berwarna kecoklatan. Tiriskan sambil di tekan tekan agar minyaknya habis, lalu sediakan baki yang sudah di alasi Koran dan atasnya di alasi lagi dengan tissue agar sisa minyaknya di serap oleh tissue sambil di tekan-tekan kembali pakai tissue, agar bawang gorengnya semakin kering. Lalu sediakan toples atau wadah yang kedap udara untuk menyimpan bawang goreng. Sebelum di masukan ke dalam toples pastikan bawang gorengnya dalam keadaan dingin dan minyaknya sudah habis, agar menghasilkan bawang goreng yang kering, renyah, sehat serta tahan lama.

Kami membutuhkan sekitar 4 sampai 5 kg bawang merah untuk menghasilkan 1 kg bawang goreng.

Sekian tips dari kami, apabila masih bingung dan ada pertanyaan silakan hubungi kami di sini

Related Posts

Manfaat Bawang Merah
Prev post Manfaat Minyak Nabati

Minyak nabati adalah minyak yang disari/diekstrak dari berbagai bagian tumbuhan. Minyak ini digunakan sebagai makanan,…

Manfaat Bawang Merah
Next post Manfaat Bawang Merah

Bawang merah umumnya digunakan sebagai bumbu masakan. Bawang merah kerap kali menjadi bumbu wajib pada…